BERBAGI
Ina, Paskibra
Ina Kurniasih,, siswi SMA N 1 Salem Kabupaten Brebes, Remaja desa ini dua tahun berturut-turut menjadi pengibar merah putih upacara kemerdekaan tingkat Jateng. Ist/serat.id

Meskipun sekolahnya berada di desa yang jauh dari ibu kota Kabupaten, kalau sistem pendidikannya bagus dan ada kemauan keras dari siswa

Serat.id – Ina Kurniasih, siswi SMA N 1 Salem Kabupaten Brebes dua tahun berturut-turut menjadi pengibar merah putih saat upacara kemerdekaan RI pada tahun 2019 dan 2020. Ina panggilan akrab Ina Kurniasih, merupakan asal desa terpencil di Kabupaten Brebes. Kampungnya berada di desa Banjaran, Kecamatan Salem yang berbatasan dengan Jawa Barat dikenal jauh dari akses perkotaan.

“Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT dan atas doa kedua orang tua serta guru-guru saya yang telah memberikan pendidikan kepada saya, alhamdulillah saya terpilih kembali” ujar Ina, dalam sebuah siaran resmi yang dikirim ke redaksi serat.id, Senin, 17 Agustus 2020.

Baca juga : Syarat Ini Memungkinkan Calon Siswa Bisa diterima Otomatis di Sekolah

Jateng Waspadai KK Palsu Untuk PPDB

Viral Siswa Membanting Smartphone, Ini Kata Ganjar

Ina mengaku senang dan bahagia bisa menjadi anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat provinsi di Jawa Tengah yang selama ini menjadi kebanggan bagi pelajar setingkat SMA.

Dia mengaku awalnya tidak percaya sampai bisa terpilih untuk kedua kalinya. Sedangkan tahun 2019 lalu, Ina terpilih untuk membawa baki bendera yang tidak semua anggota dapat tugas itu.

Keberhasilanya mendapat peran prestise upacara kebangsaan itu membuktikan status dan wilayah asal bukan menjadi penghambat untuk meraih sesuatu yang baik.

“Tidak ada yang tidak mungkin, selama ada tekad kuat dan belajar yang tekun maka siapapun dapat berkompetisi untuk meraih prestasi,” kata Ina memberi semangat kepada rekan dan remaja seusianya

Kepala Sekolah SMA N 1 Salem Kabupaten Brebes, Nur Rokhman menyebut Ina dikenal tekun dan mau belajar sehingga layak lolos mewakili Kabupaten Brebes untuk maju ke tingkat provinsi. “Ia layak mendapatkan kesempatan tersebut karena prestasi, cita-cita, dan tekad kuatnya untuk menjadi anggota Paskibra,” kata Rokhman.

Terpilihnya Ina untuk kali kedua menjadi anggota Paskibra tingkat provinsi, kata Rokhman, menjadi motivasi dirinya terus mewujudkan visi sekolah yang ia kelola. “Yakni menyiapkan peserta didik yang berkepribadian, dapat berkarya dan berprestasi,” kata Rokhman menjelaskan.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA N 1 Salem, Asep Cuwantoro memberikan apresiasi dan merasa bangga atas capaian prestasi yang diraih Ina. “Selaku ketua alumni saya merasa bangga dan ini adalah salah satu indikator keberhasilan pola pendidikan di SMA kami” kata Asep, yang saat ini menjabat Wakil Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah.

Asep berharap capaian prestasi Ina menjadi contoh dan motivasi bagi siswa lainnya untuk dapat berprestasi diberbagai bidang baik yang sifatnya ilmu pengetahuan, keterampilan, dan bidang olah raga.

“Meskipun sekolah kami berada di desa yang jauh dari ibu kota Kabupaten, kalau sistem pendidikannya bagus dan ada kemauan keras dari siswa, maka untuk dapat berprestasi bukan hal yang tidak mungkin,” katanya. (*)

Tonton juga video berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here