BERBAGI
Suasana menyambut malam satu Suro di Padepokan Gunung Talang. (Serat.id / Praditya Wibby)

Kawasan Padepokan Gunung Talang ini akan digunakan untuk pasar rakyat setiap Minggu dan tempat untuk berolahraga

Serat.id – Masyarakat Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, menyambut malam 1 Suro atau 1 Muharram dengan menggelar doa bersama dan pergelaran budaya, seperti happening art, pentas musik religi, dan parade tumpeng.

Acara bertema, “Doa Bersama untuk Kejayaan Bangsa” ini, digelar di Padepokan Gunung Talang di kelurahan setempat, Rabu, (19/8) mulai pukul 20.00.

“Ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan dan menyambut  Tahun Baru Hijriah 1442,” kata ketua panitia acara, Edi Pranoto kepada Serat.id, Rabu, (19/8/2020).

Baca juga : Gunung Talang, Bekas Padepokan Silat Nasibmu Kini

Sujudan Kecepit Ritual Penghayat Kepercayaan Perguruan Trijaya

Dia mengatakan, kegiatan ini dihadiri ratusan orang. Hal ini sebagai wujud pluralisme yang ada di Bendan Duwur. “Ini acara dadakan, baru dirancang Minggu (16/8) lalu dan digelar secara swadaya oleh masyarakat. Kesepakatannya diikuti per RW hanya 10 orang dan disini ada tujuh RW, karena masa pandemi Covid-19. Kami tidak menduga jika jadi ramai ini,” ujarnya.

Untuk menerangi jalan menuju ke padepokan tersebut warga memasang puluhan obor. Rencananya tempat tersebut akan digunakan untuk pasar rakyat setiap Minggu serta untuk olahraga.  “Hal itu kami lakukan untuk menghilangkan suasana mistis dan kembali menjadikan hutan kota yang bermanfaat,” katanya. 

Sebelumnya, padepokan itu pernah menjadi pusat perguruan silat se-Jawa Tengah, di antaranya Perguruan Merpati Putih, Kala Hitam, dan beberapa perguruan silat lainnya. 

“Pada tahun 1990-an tempat ini mengalami kejayaan, digunakan untuk sekretariat dan latihan perguruan silat se-Jawa Tengah,” ujar Edi. 

 “Harapanya tempat ini bisa menjadi ramai kembali dan digunakan untuk kegiatan seni atau kegiatan positif lainnya biar tidak seram lagi,” kata Ati, warga Bendan Duwur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here