BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Untuk memastikan setiap pemilih menggunakan hak suaranya di tengah pandemi Covid-19, KPU tengah membahas penyedikan bilik khusus di tempat isolasi.

Serat.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang akan menyediakan bilik suara khusus bagi warga bersuhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius saat pencoblosan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada), 9 Desember 2020 mendatang.  

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang,  Hanry Casandra Gultom mengatakan,  rencananya memang akan ada satu bilik untuk warga yang suhu tubuhnya di atas normal.

“Kami masih membahas apakah menyediakan bilik suara khusus di tempat isolasi warga yang positif Covid-19 atau tidak. Tapi yang jelas akan disediakan bilik khusus di setiap TPS,” katanya.

Baca juga : Ini Alasan Komnas HAM Sarankan Pilkada Serentak Ditunda

Bawaslu Sebut Partai Pengusung Paslon Pilkada Tak Patuh Protokol Kesehatan

Jadi Rujukan Tes Kesehatan Paslon Pilkada, Ini Kesiapan RSUP dr Kariadi

Adapun di Kota Semarang terdapat tiga tempat isolasi rujukan untuk pasien Covid-19, yakni RSUP dr Kariadi, RS Wongsonegoro, dan Rumah Dinas Wali Kota.

Sementara itu, jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang juga akan mendatangi masyarakat yang positif Covid-19 saat pemungutan suara  untuk memastikan warga bisa menggunakan hak pilihnya.

“Petugas akan mendatangani warga yang sedang menjalani isolasi,’’ kata Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, kepada Serat.id, Senin (14/9/2020).

Selain itu, kata dia, masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara  (TPS) akan dicek suhu tubuhnya.

“Jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat celcius akan diarahkan ke bilik khusus yang sudah disediakan,” terangnya.

Dia mengatakan, di Semarang rencana akan disediakan 3.447 TPS yang tersebar di 177 kelurahan di 16 kecamatan.

Dia menegaskan, tentunya pilkada ini harus memauhi protokol kesehatan. Sebab, pemilihan kepala daerah tahun ini akan diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here