BERBAGI
Korupsi suap
Korupsi suap, pixabay.com

Penerapan sistem manajemen anti penyuapan itu memberikan panduan mencegah, mendeteksi, dan menindaklanjuti penyuapan dan korupsi.

Serat.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk mencegah segala bentuk praktik penyuapan di perusahaan pelat merah tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan PT KAI meraih Sertifikat ISO 37001:2016 setelah mengikuti proses sertifikasi penerapan sistem manajemen anti penyuapan.

“Sertifikat ini merupakan bentuk komitmen KAI untuk mengatasi segala bentuk penyuapan dan sebagai perusahaan publik yang menjalankan good corporate governance,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat menerima Sertifikat di Gedung Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat, Kamis (24/9).

Baca juga : Tangkap Tangan Suap PDAM Kudus, Saksi Mengaku Bayar Rp 65 juta

Untuk Suap Hakim Lasito, Ini Kode Bahasa yang Dipakai Bupati Jepara

Ketua DPRD Jateng disebut Dalam Kasus Suap DAK Kabupaten Kebumen

Didiek menambahkan, sertifikasi ini sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Menteri BUMN tentang Implementasi Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) di Badan Usaha Milik Negara berdasarkan SNI ISO 37001:2016.

Penerapan sistem manajemen anti penyuapan itu memberikan panduan mencegah, mendeteksi, dan menindaklanjuti penyuapan dan korupsi.

“Sertifikasi ini memperkuat pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang telah kami jalankan sebelumnya, seperti pengendalian gratifikasi dan pencegahan benturan kepentingan, budaya whistleblowing system, pengelolaan LHKPN, sistem pengawasan intern, dan lain sebagainya,” terangnya.

Untuk mendapatkan sertifikat itu, KAI melakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pengembangan dan implementasi, evaluasi, serta sertifikasi.

Adapun sertikat yang diperoleh KAI dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi TUV Nord Indonesia untuk unit Quality Assurance & GCG dan lembaga sertifikasi Sucofindo untuk unit Pengadaan Barang dan Jasa.

Ke depan, KAI akan terus mengembangkan dan menyempurnakan SMAP sehingga kebijakan menjadi proporsional dalam mencegah terjadinya penyuapan dan praktik korupsi lainnya.

Dia mengatakan, selanjutnya SMAP ini akan diImplementasi ke seluruh satuan organisasi baik di kantor pusat maupun di daerah.

Penyerahan sertifikat ini menjadi hadiah bagi KAI yang akan merayakan hari ulang tahun ke-75 pada 28 September 2020. Dengan bertambahnya usia, KAI akan terus mewujudkan KAI bersih, bebas suap, bebas korupsi.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Kami akan selalu berkomitmen dengan didapatkannya sertifikasi ini. Seluruh Insan KAI akan terus menjunjung tinggi nilai AKHLAK, budaya integritas, serta zero tindakan penyuapan dan tindak pidana korupsi di lingkungan Perusahaan, sehingga tercipta tata kelola perusahaan yang baik,” tutup Didiek.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here