BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Pernikahan di Lapas merupakan hak narapidana. Prosesi dapat terlaksana apabila lengkap syarat substantif dan administrasinya.

Serat.id – Pasangan Sekar Ayu – Desi Kuswantoro akhirnya resmi lewat akad nikah di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kedung Pane Semarang. Mereka menggelar prosesi akad nikah di ruang belajar hari Senin, 28 September 2020, pukul 11.00 WIB dengan menghadirkan penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

“Alhamdulillah saya senang, bisa diizinkan menikah di Lapas. Bahagia rasanya karena bisa menikah setelah berpacaran dengan Sekar Ayu kurang lebih 2 tahun,” kata Kuswantoro, usai akda nikah.

Baca juga : Pernikahan di Bawah Umur Meningkat Saat Pandemi, Ini Kata Akademisi

Spirit Kartini Menentang Pernikahan Anak

Pendemi Covid-19, Permintaan Dispensasi Umur di Semarang Meningkat

Pria terpidana kasus narkoba dengan vonis enam tahun itu tampil sederhana dengan mengenakan kemeja hitam. Saat akan melakukan prosesi akhad nikah, Kuswantoro berjalan dari kamar hunian menuju ruang belajar, dengan penuh rasa semangat walau sedikit gugup sambil menghafal ijab qobul.

Akad nikah pun berlangsung lancar dengan mas kawin seperangkat alat Sholat dan uang Rp 100 ribu. Dia mengucapkan ijab qobul secara lantang di depan penghulu. Pernikahan itu disaksikan oleh pihak kedua mempelai, petugas lapas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Sang mempelai perempuan, Sekar Ayu mengikuti prosesi sakral itu dengan berurai air mata saat setelah mendengar ijab dari Desi. “Saya sangat terharu. Perjuangan ini akan kami lalui bersama walau cinta kita terhalang oleh dinding jeruji besi,” kata Sekar.

Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi mengatakan pernikahan di Lapas merupakan hak narapidana. Prosesi dapat terlaksana apabila lengkap syarat substantif dan administrasinya.

“Acara pernikahan dilaksanakan atas permohonan pernikahan dari keluarga penjamin mempelai dan ijin menikah di Lapas dari KUA Kecamatan Ngaliyan,” kata Dadi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here