BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Akan dikaji bersama Tim Satgas Covid-19 terkait kesiapan protokol kesehatan

Serat.id – Pemerintah Kota Semarang berencana mengizinkan tujuh bioskop dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sejumlah bioskop itu diakui mengajukan izin operasional ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

“Kemarin kami sudah melakukan simulasi di salah satu bioskop untuk melihat kesiapanya seperti apa,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, Selasa, 20 Oktober 2020.

Ia mengaku berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang untuk kesiapan izin  operasional bioskop itu. “Setelah dirasa siap, kami akan terbitkan rekomendasi. Mudah-mudahan siap, tidak hanya pengelola, namun masyarakat juga harus siap menerapkan Prokes,” kata Indriyasari menambahkan.

Baca juga : Imbas Pandemi Covid-19, Orang Tua Enggan Daftarkan Anak ke PAUD

Bagaimana Respons Pembatasan Kegiatan Keagamaan selama Pandemi Covid-19? Ini Hasilnya

Ini Rekomendasi Ahli selamatkan Indonesia Dari Pandemi Covid-19

Menurut Indriyasari, Pemkot Semarang tak mau terjadi klaster baru di bioskop yang mulai beroperasi. Ia mengakui pembukaan bioskop agak riskan, namun hal itu bisa dihindari asal semua pihak berkomitmen menerapkan protokol keshatan.

Sejumlah kesiapan yang dipantau Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang terkait dengan pengaturan pengunjung masuk, aktivitas di dalam, makanan, toilet, tempat antrean. Sejumlah hal itu akan menjadi catatan, termasuk rekomendasi Dinkes. “Jika Dinkes menyatakan sudah siap, nanti kita buka. tetapi kalau belum siap ya kita belum buka,” kata Indriyasari menjelaskan.

Sedangkan untuk Untuk Spa dan karaoke serta tempat wisata yang sudah buka sejak bulan Juli lalu  masih diberlakukan pembatasan pengunjung dan memperhatikan jam operasional.

Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto mengatakan bioskop yang akan dibuka tersebut harus mengajukan perizinan terlebih dahulu terkait penerapan protokol kesehatan. “Bioskop yang akan kita buka, yang sudah mengajukan izin. Selanjutnya akan kita kaji bersama Tim Satgas Covid-19 terkait kesiapan protokol kesehatannya,” kata Tavip.

Selanjutnya ia akan mengecek penerapan protokol kesehatannya dan akan melakukan evaluasi. “Kemarin baru kami lakukan simulasi di XXI The Premiere DP Mal dengan Dinkes dan Dinas Pariwisata Kota Semarang terkait prokesnya,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here