BERBAGI
dana kampanye
Ilustrasi, KPUJateng/dok

“Justru rekening keluarga, ketua tim sukses yang aktif,”

Serat.id Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae mengatakan rekening kampanye pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak cenderung tak aktif.

“Justru rekening keluarga, ketua tim sukses yang aktif,” kata Dian Ediana Rae saat berkunjung di sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang, Kamis 19 November 2020.

Baca juga : Mengenaskan, Ini Saldo Keuangan Tim Kampanye Parpol di Jateng

Bawaslu Ungkap Potensi Sengketa Pilkada

Wabah Covid-19, Bawaslu Jateng : Jangan Manfaatkan Untuk Kampanye

Dian mengatakan PPATK telah menjalin kesepakatan dalam Memorandum of Understanding (MoU), dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum. Kesepakatan itu sebagai mencegahan uang kejahatan untuk Pilkada.

“Yang dampaknya akan berpengaruh kejahatan. Bisa menular ke birokrasi dan pemerintahan daerah,” kata Dian menambahkan.

Dian menjelaskan, kesepakatan lintas lembaga itu juga untuk memastikan tak ada politik uang. Sedangkan PPATK sudah memonitor dan riset sejak awal pelaksanaan Pilkada yang digelar tahun 2020 ini.

Hasil riset yang dilakukan menunjukkan kecenderungan calon petahana dimudahkan akses menggunakan APBD serta ekonomi daerah, seperti BUMND dan bank daerah. “Sudah kami riset siap melaporkan ke lembaga penyelenggara dan pengawas,” kata Dian menjelaskan.

Catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyebutkan 41 Paslon telah sampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Kepada KPU Kabupaten dan Kota pada 25 September 2020 lalu.  LADK itu merupakan tahapan awal dana kampanye bagi pasangan calon yang telah ditetapkan dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Daftar dana kampanye Paslon Pilkada 2020

Dalam situs KPU Jateng menunjukkan sejumlah dana awal kampanye calon banyak yang angkanya tak realsitis, yakni mulai dari nol rupiah dan Rp1 juta. Meski ada pasangan calon lain yang dana kampanye awalnya mencapai ratusan juta. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here