BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Pemilihan calon Wali Kota Semarang 2020, hanya menampilkan calon pasangan tunggal yakni incumben Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Hendi-Ita

Serat.id – Tim sukses calon tunggal Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) mengklaim telah memperoleh  dukungan 716,805 suara atau sebanyak 61,1 persen dari pemilih. Data yang disampaikan menunjukkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Semarang 1.174.068, sedangkan yang tak mengunakan haknya sebanyak 368,454 pemilih atau 31,4 persen, pemilih kolom kosong 65,972 suara  atau 5,6 persen.

“Terimakasih untuk warga Kota Semarang yang responya bagus sekali, dan jika saya lihat semuanya memanfaatkan momentum, bangga menjadi masyarakat semarang,” kata ketua tim pemenangan Hendi-Ita, Kadarlusman, Rabu petang, 9 Desember 2020.

Baca juga : Calon Tunggal Incumben Pilwakot Kota Semarang, Ini Alasan Partai Kompak Mengusung

Hendi-Ita dipastikan Calon Tunggal, Pengamat : Krisis Kaderisasi Partai

Calon Tunggal Wali Kota Semarang Positif Covid-19, KPU : Tahapan Pillwakot Tetap Jalan

Kadarlusman mengaku semua proses pemilihan diseluruh Kota Semarang berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Saya cek ke semua tempat pemilihan tidak ada kendala, semua berjalan lancar,” kata Kadarlusman menambahkan.

Ia mengatakan perolehan dukungan membutikan warga Kota Semarang merasa bangga hidup dan tinggal di Semarang.

Calon Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu  atau Ita,  mengatakan hasil dukungan yang dicapai sebagai calon tunggal itu sebagai kerja partai pendukung dan pengusung serta tim relawan. “Ini melebihi target yang kami harapkan, dengan patokan pilwakot 2015 lalu,” kata Ita.

Dalam pemilihan calon Wali Kota Semarang 2020, hanya menampilkan satu calon pasangan tunggal yakni, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Hendi-Ita.

Sementara itu pantauan serat.id di tempat pemungutan suara di kampung tinggal incumben Hendrar Prihadi RT 1 Rw 2 Kelurahan Lempong Sari 1 Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, menunjukkan 59 pemilih tak hadir atau tak gunakan hak pilihnya. Tercatat daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 009 itu ada 388, sedangkan yang hadir 329 warga.

“Dari jumlah suara yang terhitung, 310 suara memilih pertahana dan pemilih kotak kosong ada 15 suara dan yang tidak sah 4,” Kata Ketua KPPS 009 Lempong Sari, Bambang Sarjito.

Ia menyebut hanya ada sekitar 9,5 persen yang memilih kotak kosong. “Kalau yang tidak hadir saya tidak tahu penyebabnya,” ujar Sarjito.

Sementara, di TPS 16 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik tempat calon Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) memilih, pasangan petahana meraih 162 suara, 23 orang memilih kotak kosong, dan 1 suara tidak sah. Di TPS itu hanya 186 orang yang menggunakan hak pilih dari total 417 DPT. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here