BERBAGI

Khumaeroh *

Pembelajaran selama ini selalu menempatkan siswa sebagai obyek yang harus diisi oleh sejumlah raga, informasi dan sejumlah bahan-bahan ajar setumpuk lainnya.

Perkembangan zaman tidak hanya mempengaruhi bidang kehidupan saja seperti ekonomi, politik, sosial namun juga mempengaruhi bidang pendidikan. Di era yang semakin maju ini, pendidikan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh semua lapisan masyarakat dengan tidak memandang dari status sosial maupun derajat dan pangkat.

Pendidikan menjadi aspek penting dalam kehidupan yang semakin lama semakin bergerak maju mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu diperlukan pendidikan yang kuat dan berkualitas untuk mencetak masyarakat yang memiliki keterampilan dan kualitas mumpuni untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman. Didalam pendidikan tentunya tidak lepas dari proses pembelajaran.

Baca juga : Dunia Digital dan Tantangan Pendidikan Kita

Perlunya Keteladanan Dalam Pendidikan Nasional

Etnomatematika Literasi Budaya Penguatan Pendidikan Karakter*

Proses pembelajaran sebagian besar dilakukan di lingkungan sekolah. Pembelajaran selama ini selalu menempatkan siswa sebagai obyek yang harus diisi oleh sejumlah raga, informasi dan sejumlah bahan-bahan ajar setumpuk lainnya.

Banyak proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dimana pendekatan ini guru memilih meode pembelajaran, kegiatan atau interaksi semacam berdampak pada pembelajaran verbalisme yang semakin meningkat. Pembelajaran seperti ini disebut pembelajaran konvensional.

Dalam proses pembelajaran pada umumnya seorang guru atau pendidik pastinya akan menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan sebagai media penyampaian materi dan pesan kepada peserta didiknya. Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar guna meminimalkan kegagalan selama proses komunikasi berlangsung.

Media pembelajaran sangat diperlukan guru untuk membantu menyampaikan materi dalam sebuah proses pembelajaran. Media pembelajaran hendaknya dirancang secara baik dan sedemikian rupa guna membantu peserta didik agar mudah dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Perkembangan pendidikan menuntuk pendidik untuk mengembangkan dan meningkatkan media pembalajaran yang digunakan. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan suatu tuntutan pembelajaran diera yang semakin maju ini. Media pembelajaran harus inovati, kreatif, dan menarik agar minat peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran juga ikut meningkat.

Teknologi Dan Informasi Dan Perkembanganya Terhadap Pendidikan

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat memberikan dampak positif bagi perkembangan penggunaan media pembelajaran. Perkembangan ini mendorong berkembangnya kreatifitas dan inovasi dalam mengolah teknologi menjadi sebuah media pembelajaran yang inovatif.

Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), media pembelajaran berbasis teknologi informasi memungkinkan pendidik untuk lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Peserta didik juga dengan mudah memahami materi karena media yang berbasis teknologi akan memunculkan media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Media pembelajaran IPS disesuaikan dengan materi yang dibahas yang menyangkut berbagai aspek ilmu pengetahuan, sehingga teknologi mampu menjadi salah satu media yang tepat untuk menjadi media pembelajaran IPS.

Penggunaan media pembelajaran ilmu sosial yang baik dan tepat sebagai alat bantu siswa untuk melakukan eksplorasi atas materi yang disamapaikan pendidik adalah media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk dicerna oleh peserta didik.

Media pembelajaran berbasis teknologi saat ini menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai media penyampaian pesan maupun informasi dari pendidik kepada peserta didik. Media ppembelajaran IPS  yang dirancang secara inovatif dan kreatif menggunakan teknologi informasi sangat cocok untuk diterapkan pada saat ini.

Penggunaan teknologi informasi sebagai salah satu media penyampaian pembelajaran menuntut pendidik untuk selalu memperbarui cara dalam menggunakan media pembelajaran tersebut dengan kreasi dan inovasi yang lebih menarik lagi. Hal ini tentunya untuk meningkatkan semangat dan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.

Kemudahan dalam menggunakaan tekhnologi dan informasi sebagai salah satu media pembelajaran IPS tidak hanya dalam penggunaannya saja namun juga dalam mengupdate inovasi juga. Semua bahan media inovasi dapat diunduh melalui google.com, youtube.com, digital.id, perpusnas.go.id dan semua alamat website perpustakaan dalam dan luar negeri.

Generasi saat ini yang lebih dikenal dengan generasi milenial memiliki keleluasaan dan kebabasan yang lebih memudahkan mereka dlaam mengakses media pembelajaran yang sesuai dengan adanya perkembangan teknologi nformasi. Hal ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kelemahan pendidikan yang ada serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah ada.

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran tidak hanya meudahkan peserta didik dalam mengakses materi pembelajaran, namun juga mempermudah pendidik juga. Pembelajaran yang tidak memerlukan interaksi tatap muka secara langsung akan lebih memudahkan kedua pihak dalam menjalankan proses pembelajaran.

Teknologi memudahkan pendidik dalam mengaplikasikan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam pembelajaran IPS, media pembelajarannya yang sangat beragam karena meteri yang juga mencakup bebrapa ilmu pengetahuan menjadikan teknologi dan informasi menjadi salah satu solusi dalam permasalahan terkait media yang digunakan.

Media pembelajaran IPS berbasis teknologi informasi memungkinkan pendidik dalam menyajikan informasi pembelajaran yang kreatif dan inovatif guna mendukung proses pembelajaran dan juga menarik minat peserta didik dalam belajar. (*)

Maka dari itu teknologi informasi menjadi salah satu alternative media pembelajaran diera milenial seperti sekarang ini. (*)

*Pendidik, alumni Universitas Negeri Semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here