BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

PT KAI Daop IV Semarang terdapat 14 loket stasiun yang kini sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan tiket maupun tiket go show.

Serat.id– PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan pelayanan reservasi tiket kereta hanya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, serta kanal pemesanan resmi lainnya. Kebijakan itu mulai berlaku Jumat, 1 Januari 2020, sedangkan seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara go show 3 jam sebelum keberangkatan KA.

“Hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Virus Corona-19 di lingkungan stasiun-stasiun KA ataupun dilingkungan PT KAI (Persero) secara luas,” kata Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiantoro, Jumat 1 Januari 2020.

Baca juga : Layanan Kereta Mulai Beroperasi, Ini Syarat Wajib Calon Penumpang

Ini Persiapan Pedoman New Normal Layanan Kereta Api

Stasiun Poncol Kini Buka Layanan Rapid Test Antigen

Krisbiantoro mengatakan kebijakan tersebut sejalan pelaksanaan program pemerintah guna mencegah dan menghindari timbulnya kluster baru penyebaran Covid-19. Selain itu juga mengacu Peraturan Menteri Perhubungan nomor 18 Tahun 2020 , tentang  Pengendalian Tranportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).

“Tepatnya bagian kedua perihal Pengendalian Transportasi Penumpang, pada  Pasal 5 Ayat 3 Sub a,” kata Krisbiantoro menambahkan.

Menurut  Krisbiantoro, di wilayah PT KAI Daop IV Semarang terdapat 14 loket stasiun yang kini sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan tiket maupun tiket go show. Meliputi stasiun Batang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, Gambringan, Jambon, Kradenan, Doplang, Wadu, Kedungjati, Telawa, dan Gundih.

Sementara terdapat sembilan stasiun yang  menyediakan loket untuk melayani penjualan tiket go show antara lain di Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Cepu (terkecuali tiket KA Kedung Sepur dilayani melalui aplikasi KAI Access).

“Khusus untuk stasiun kelas besar di wilayah Daop 4 Semarang yakni Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, dan  Cepu selain melayani tiket go show juga bisa melayani pembatalan tiket,” ujar Krisbiantoro menjelaskan.

Berdasarkan catatan PT KAI Daop IV, selama masa angkutan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga hari ke-15, 1 Januari 2021, di 23 stasiun terdapat 74.541 penumpang naik dan 81.383 penumpang turun. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here