BERBAGI
serat.id peretasan
Ilustrasi,pixabay.com/TheDigitalWay

Terungkap dalam salah satu forum diskusi pembobolan data internet Raid Forums dengan nama akun eax yang diunggah pada Minggu, 3 Januari 2021 silam.

Serat.id -Sebanyak 125 ribu lebih akun mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) diduga bocor akibat diretas. Pantuan serat.id peretasan tersebut terungkap dalam salah satu forum diskusi pembobolan data internet bernama Raid Forums dengan nama akun eax yang diunggah pada Minggu, 3 Januari 2021 silam.

Baca juga : Peretasan Media Online Jelas Melanggar Undang-undang

Tak Bisa Dibuka, Situs KPU RI Diduga Diretas

Website Hitung Cepat KPU Alami Peretasan

Peretas mengklaim telah mendapatkan data sebanyak lebih dari 125 ribu akun yang berisikan biodata  mahasiswa diantaranya berupa email, ussername, password, IPK, riwayat sekolah, dan lain sebagainya.   Selain itu, dari pantaun serat.id unggahan peretasan tersebut juga kali pertama dimuat di media sosial twitter oleh akun @fannhasbi pada Selasa, 4 Januari 2021. 

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip, Razin Hilmy Baihaqi,  mendesak Rektor Undip segera memberikan kepastian terkait kebenaran informasi tersebut kepada publik agar mereka tidak lagi merasa khawatir atas datanya.

“Kami menekankan bahwa pengguna dan data pribadi mahasiswa harus selalu dijaga karena itu privasi,” kata Razin.

Serat.id sudah mencoba menghubungi Kasubag UPT Humas dan Media Undip, Utami Setyowati. Namun hingga berita ini dimuat belum ada jawaban dari yang bersangkutan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here