Positif Covid-19
Ilustrasi, pixabay.com

Penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan diminta datang sehari sebelum keberangkatan KA. Hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan dan menghindari penumpang ketinggalan KA.

Serat.id – PT KAI Daop IV Semarang menyediakan layanan rapid test antigen di Stasiun Cepu, mulai Sabtu, 16 Januari 2021. Penambahan layanan tersebut bertujuan mempermudah penumpang jarak jauh yang akan berangkat dari stasiun tersebut.

“PT KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yakni menjadikan tranportasi kereta api yang aman dari Covid-19,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop IV, Krisbiantoro, dalam rilis yang diterima Serat.id, Sabtu, 16 Januari 2021.

Baca juga : Ini Aturan Baru Naik Kereta Jarak Jauh Selama PPKM

Cegah Penyebaran Corona, Tiket Kereta Hanya Bisa Dipesan Online

Libur Natal dan Pergantian Tahun Selama Pandemi, Ini Syarat Mutlak Naik…

Menurutnya, setiap harinya ada dua petugas analis dan satu petugas administrasi yang akan melayani rapid test antigen pada pukul 08.00 hingga 16.00. Biaya pemeriksaan tersebut sebesar Rp105.000 bagi setiap penumpang KA.

Krisbiantoro mengatakan, surat keterangan rapid test antigen atau swab dengan hasil negatif menjadi syarat wajib bagi penumpang KA jarak jauh. Untuk masa berlakunya tiga hari sejak tanggal dikeluarkannya surat keterangan tersebut. Syarat tersebut dikecualikan untuk penumpang berusia di bawah dua belas tahun.

Ia menganjurkan agar penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan datang sehari sebelum keberangkatan KA. Hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan dan menghindari penumpang ketinggalan KA.

Setiap penumpang KA jarak jauh, katanya, diwajibkan dalam kondisi sehat, memakai masker, dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta diwajibkan menggunakan face shield.

Ia juga mengimbau agar penumpang menggunakan pakaian lengan panjang.

Adapun selama masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak sejak 9 Januari hingga 25 Januari 2021, PT KAI memberlakukan aturan baru, antara lain apabila di tengah perjalanan diketahui terdapat penumpang KA yang menunjukkan gejala terpapar Covid-19, seperti menderita flu, pilek, batuk, hilangnya daya penciuman, diare, dan demam dengan suhu badan melebihi 37,3 derajat celsius, maka penumpang itu tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, penumpang KA selama masa perjalanan dilarang untuk berbicara satu arah maupun dua arah, baik melalui telepon atau secara langsung.

Untuk diketahui, Stasiun Cepu kini menjadi stasiun kelima yang berada di lingkup PT Daop IV yang menyediakan pelayanan rapid test antigen. Pelayanan tersebut berlangsung berkat kerjasama antara PT KAI dan PT Jasa Prima Putra.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here