BERBAGI
perempuan dan anak
Ilustrasi, perempuan dan anak, pixabay.com

Membuat kanal aduan online, karena pengaduan konvensional rakyat takut

Serat.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta agar kepala daerah peduli terhadap perempuan, anak dan difabel dalam kebijakannya. Hal itu ia sampaikan saat melantik 17 kepala daerah terpilih Pilkada 2020 di Gedung Gradhika Bhakti, jalan pahlawan, Kota Semarang, Jumat, 26 Februari 2021 siang.  

“Karena mereka ( Perempuan anak dan difable) membutuhkan afirmasi. Saya juga meminta buat kanal aduan online, karena pengaduan konvensional rakyat takut,” kata Ganjar Pranowo dalam pesannya kepada Kepala daerah yang ia lantik.

Baca juga : Jasa Perkawinan Aisha Weddings Disebut Sebagai Kejahatan Terhadap Anak dan Perempuan

Agar Kelompok Rentan Tak Hanyut Saat Pandemi

Gugatan Diskriminasi Difabel CPNS, LBH Disabilitas Jatim Layangkan Amicus Curiae

Menurut Ganjar, keberpihakan kebijakan terhadap kelompok rentan itu juga harus diikuti oleh organisasi perangkat daerah. “Tidak hanya Bupati dan Wali Kota pribadi, tapi semua OPD harus membuka kanal aduan itu agar masyarakat gampang untuk mengadu,”kata Ganjar menegaskan.

Tercatat Ganjar melantik 17 kepala daerah terpilih Pilkada 2020. Sejumlah kepala daerah itu  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Kendal dan Kabupaten Semarang dilantik secara langsung, sementara lainnya via daring.

Pelantikan secara daring di antaranya Kota Pekalongan, Kota Magelang dan Kota Surakarta. Selain itu Bupati dan Wakil Kebumen, Rembang, Boyolali, Purbalingga, Blora, Sukoharjo, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Klaten dan Pemalang.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto mengatakan, sejumlah program kerja terkait peningkatan pelayanan publik dan penyelesaian persoalan akan segera disusun. Ia akan menyampaikan 100 hari kerja pada Senin besok.

“Semua persoalan harus kita selesaikan secara kongkret, dari hulu sampai hilir,” kata Dico.

Ia mengaku dalam waktu dekat kami akan luncurkan mall pelayanan publik. “Perijinan akan kami permudah, kami akan pro investasi guna membuka peluang kerja untuk masyarakat Kendal,” kata Dico menjelaskan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here