BERBAGI
Ilustrasi retakan, Altoff/pixabay.com

Untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya madrasah sudah mengosongkan ruang kelas 1 dan 2. Pihak sekolah belum mampu memperbaikinya karena tidak memiliki anggaran.

Serat.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pemalang selama beberapa hari menyebabkan talut Madrasah Ibtidaiyah Al Huda, di Dusun Sikemplang, Desa Watukumpul, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang longsor, 1 Maret 2021. Akibatnya, sekolah tersebut rusak parah, tembok ruang kelas 1 dan 2 miring dan retak.

Talut yang longsor itu juga membuat teras samping madrasah turun satu meter dari permukaan tanah sebelumnya. Selain itu, jalan di samping gedung itu juga longsor,’’ kata Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Huda, Sukamso, kepada Serat.id, 5 Maret 2021.

Baca juga : Sudah Lama Rusak, Gedung SDN Jabungan Semarang Baru direlokasi 2021

Bekas Sekolah Guru Era Kolonial Saksi Sejarah Pendidikan di Purworejo

Cerita Tragis Sekolah Tionghoa, Digeruduk Jadi Kamp Penahanan Kemudian

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya sudah mengosongkan ruang kelas tersebut. Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada yayasan, pemerintah desa, dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pemalang.

Dia menjelaskan, jalan yang longsor itu sudah diperbaiki pemerintah desa. Sebab, jalan itu merupakan akses masyarakat setempat menuju ke sawah dan ladang. Untuk bangunan madrasah belum diperbaikan oleh pihak yayasan dan pemerintah desa karena tidak ada anggaran untuk perbaikan. “Kami sudah mengajukan bantuan perbaikan ke Kementerian Agama Kabupaten Pemalang,’’ terangnya.

Dia menjelaskan, daerah Watukumpul itu rawan bencana tanah longsor. Sebab, berada di dipinggir hutan dan kontur tanahnya berbukit. Ditambah, kata dia, curah hujannya di Kabupaten Pemalang bagian selatan tinggi. Beberapa tahun lalu di daerah setempat juga mengalami bencana tanah longsor. Kala itu beberapa rumah rusak parah. Bahkan hingga kini masih ada rumah yang tak ditempati pemiliknya karena khawatir terjadi longsor susulan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here