Orang tua dan dan lingkungan perlu mendukung termasuk  keluarga, serta guru untuk membantu mengarahkan dan membekali tumbuh kembangnya secara optimal.

serat
Ilustrasi, pixabay.com

Serat.id – Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jateng, Fitri Hartanto memastikan anak dengan sindrom down dapat menggapai prestasi halnya anak secara umum. Fitri mengatakan orang tua dan dan lingkungan perlu mendukung termasuk  keluarga, serta guru untuk membantu mengarahkan dan membekali tumbuh kembangnya secara optimal.

“Apabila dirawat dalam lingkungan yang penuh kasih sayang dan dukungan maka mereka akan dapat tumbuh dan berkembang sesuai potensinya,” ujar Fitri Hartanto, dalam seminar kesehatan online “World Syndrome Day: Aku Ada Aku Berprestasi”, Rabu, 14 April 2021.

Baca juga : Kecamatan Ini Pelopori Musrenbang Khusus Anak

Kepala Daerah Diminta Memihak Perempuan, Anak Dan Difabel

Ratusan Sekolah Deklarasikan Ramah Anak

Menurut Fitri,  orang tua harus selalu mendukung anak penderita sindrom down. Namun ia menegaskan jangan membandingkan kemampuannya dengan anak normal lainnya. Selain itu orang tua harus memberikan stimulasi sejak dini. “Dan pelajari karakteristik anak tersebut dari aspek kognitif, sosial, perilaku, bahasa, maupun psikologisnya,” kata Fitri menambahkan.

Selama ini banyak salah kaprah yang beredar di masyarakat bahwa anak sindrom down harus selalu dilayani. Hal itu dibantah oleh Fitri, karena jika anak selalu dilayani dampaknya buruk, lantaran tidak ada kesempatan baginya untuk belajar.

Ia menyarankan orangtua, keluarga, serta guru dapat mengamati pola belajarnya dan melihat apa yang anak penderita sindroma down sukai. Pelajaran yang disukai anak itulah nantinya akan membawa prestasi untuknya.

Fitri menjelaskan sindrom down merupakan salah satu kelainan kromosom yang sering ditemukan pada manusia, ciri khasnya ialah wajah yang hampir sama. Kebanyakan anak sindrom down lahir dari ibu yang berusia 35 tahun atau lebih.

“Beberapa penderita sindrom down yang berprestasi diantaranya Angela Bachiller, angota dewan di Spanyol dan Madeline Stuart seoang model,”  kata Fitri menjelaskan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here