Jitet Kustana Mendunia Belajar dari Kios Buku Bekas

    0

    Mengkader Kartunis Muda

    Kartunis Jitet Kustana menerima penghargaan dari LEPRID sebagai kartunis dengan penghargaan terbanyak. (Serat.id/Abdul Arif)

    Jika dihitung dari tahun 1987, Jitet telah berkecimpung di dunia kartun selama 34 tahun. Masa yang cukup lama. Banyak prestasi yang ia torehkan dari penghargaan nasional hingga internasional pernah ia dapatkan. Hingga saat tulisan ini dipublikasikan, Jitet telah mengoleksi lebih dari 200 penghargaan.

    Prestasi Jitet bahkan dibukukan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) sebagai kartunis dengan penghargaan kartun internasional terbanyak.

    Baca: Raih 182 Penghargaan Internasional, Jitet Pecahkan Rekor LEPRID

    “Terakhir kemarin dapat penghargaan dari Iran, tapi nggak ada nominalnya. Cuma untuk senang-senang saja,” katanya.

    Saat ini Jitet masih  produktif menggambar kartun. Sesekali Jitet mengamati pengumuman lomba dari website. Jika ada tema yang menarik, ia akan ikut serta dalam lomba tersebut. Di masa pandemi seperti ini, banyak lomba kartun yang dapat diikuti secara daring.

    Bagi Jitet yang membedakan waktu normal dan ketika pandemi covid-19 adalah tidak adanya undangan untuk datang langsung ke negara penyelangara lomba.

    “Ya kita nggak diundang. Karena adanya protokol kesehatan yang perlu dipatuhi dan ditakuti. Jadi lebih baik ngga perlu diundang datang,” jelasnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here