Beranda Kilas AHL GERMAS Nasional digelar di Kota Semarang

AHL GERMAS Nasional digelar di Kota Semarang

0

Dipilih oleh Kementerian Kesehatan untuk memberikan sharing pembelajaran pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat

GERMAS, (laluahmad.com)

Serat.id – Kota Semarang menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Advokasi dan Pembelajaran Horisontal (Advocacy and Horizontal Learning) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tingkat Nasional.  Ibu Kota provinsi Jawa Tengah itu dipilih oleh Kementerian Kesehatan untuk memberikan sharing pembelajaran pelaksanaan GERMAS.

Pemilihan ini didasari oleh berbagai inovasi dalam implementasi GERMAS yang dilakukan.

“Ketika tamu dari Kementerian Kesehatan audiensi dan meminta kami memberikan sharing pembelajaran, saya langsung sampaikan saja, kalau kami siap menjadi tuan rumah, bukan hanya memberikan sharing pembelajaran,” kata itu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dalam pernyataan resmi, Minggu, 28 november 2021

Menurut Hendi, Kota Semarang dipilih juga karena memiliki komitmen yang kuat dalam inisiasi program dan kegiatan yang inovatif dalam pelaksanaan GERMAS. Di Kota Semarang, GERMAS juga dinilai telah diterapkan dengan baik dan dilandasi regulasi dan dukungan anggaran sehingga keberlanjutannya terjamin.

“Selain itu, GERMAS telah masuk dan bersinergi dengan program-program lainnya, seperti STBM, Kabupaten/Kota Sehat, atau program inovatif lainnya di Kota Semarang,”kata Hendrar Prihadi atau akrap disapa Hendi menambahkan.

Kegiatan AHL GERMAS ini juga dimaksudkan menguatkan peran Kepala Daerah lain dalam membudayakan hidup sehat dalam kehidupan bersama dan menjadi pembelajaran dalam penerapan kebijakan serta keberhasilan pelaksanaan GERMAS di Kota Semarang.

Pemerintah Kota Semarang bersama seluruh komponen masyarakat melakukan upaya kegiatan GERMAS secara terintegrasi mulai kegiatan-sarana prasarana-kekompakan masyarakat, sesuai tagline BERGERAK BERSAMA serta didukung oleh smart system dari beberapa OPD yang ada di Pemkot Semarang.

“GERMAS menjadikan masyarakat, khususnya di Kota Semarang semakin sehat dan produktif. Waras wargane sehat kotane. Salam GERMAS,” katanya.

Direktur SPEAK INDONESIA, Wiwit Heris Mandari, sebagai Mitra Kementerian Kesehatan dan pelaksana kegiatan mengatakan, selain Kota Semarang, Kementerian Kesehatan juga memilih 5 kabupaten dan kota  lain untuk memberikan sharing pembelajaran GERMAS.

Kelima daerah itu adalah Kabupaten Boyolali, Sleman, Gianyar (Bali), Pringsewu (Lampung) dan Kabupaten Soppeng (Sulawesi Selatan). Keenam Kepala Daerah itu akan menyampaikan praktik-praktik baik serta pembelajaran GERMAS di daerah masing-masing.

“Diharapkan pembelajaran itu akan menginspirasi kabupaten/kota lain untuk melakukan hal yang sama, sesuai dengan kondisi di kabupaten/kota masing-masing. Harapan ke depan, GERMAS semakin membudaya dalam kehidupan bersama sebagai warga bangsa,”ujar Wiwit.

Menurut Wiwit keenam daerah memiliki keunikan dan kekhasan sendiri dalam inovasi pelaksanaan GERMAS. Dari keenam daerah itu halhal yang menonjol misalnya, Kota Semaeang dengan program inovatif LAWANGSEWU atau Layanan Warga Semarang Sehat Setiap Waktu. Program ini berupa penyuluhan kesehatan khususnya protokol kesehatan di tempat berkerumun, seperti pusat olahraga atau tempat wisata. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here