Beranda Kilas Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal diluncurkan

Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal diluncurkan

0

“Modul ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh UMKM di Indonesia melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia mulai 23 Mei 2022,” .

Ilustrasi Serat.id/Ist

Serat.id – Bank Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Tokopedia telah meluncurkan Modul Literasi Keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya pelaku UMKM lokal. Modul itu diharapkan dapat membangkitkan serta memulihkan ekonomi nasional.

“Peluncuran ini merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mendukung pengembangan UMKM melalui sinergi dengan berbagai pihak,” kata Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, dalam pernyataan resmi diterima Serat.id, Senin 23 Mei 2022.

Menurut Doni, literasi keuangan merupakan faktor penting untuk UMKM mengembangkan usaha. Sedangkan tujuannya untuk mempercepat UMKM naik kelas dan meningkatkan kontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui literasi keuangan, digitalisasi, dan globalisasi.

“Peluncuran modul ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, serta Presidensi Indonesia pada G20,”kata Doni menambahkan.

Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara, mengapresiasi langkah meningkatkan literasi keuangan itu.  “OJK berkomitmen penuh dalam mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional,”kata Tiirta.

Menurut dia, upaya ini tidak hanya bermanfaat bagi pegiat UMKM, tetapi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negeri. 

Ia menyebut survei OJK pada 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan masyarakat masih berada di 38,03 persen berbanding terbalik dengan inklusi keuangan masyarakat yang telah mencapai 76,19 persen.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan Modul Literasi Keuangan yang diluncurkan terdiri dari empat topik besar, yaitu perencanaan dan pengelolaan keuangan, cara memperoleh dan mengelola modal usaha, metode dan transaksi online serta cara melapor pajak, hingga investasi yang aman dan menguntungkan lewat Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana.

“Modul ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh UMKM di Indonesia melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia mulai 23 Mei 2022,” kata Astri.

Astri beharap seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. “Agar bangkit dan terus berkontribusi memulihkan ekonomi bangsa, mengingat UMKM adalah penyokong lebih dari 60% PDB Indonesia,” kata Astri menjelaskan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here